Thursday 16 October 2014

Apa makanan yang ibu hamil tidak boleh makan


  1. Ibu hamil haruslah elak makan makanan yang terbuat dari daging mentah atau yang separuh masak. ini karena daging mentah mengandungi toksoplasmosis dan bakteri E. Coli yang dapat menyebabkan infeksi serius pada janin ibu hamil. Biasanya bakteri toksoplasmosis terdapat pada sayuran yang kurang bersih dicuci. Anda harus hindari memakan salad yang belum atau tidak dicuci dengan bersih terlebih dahulu. Bakteri toksoplasma juga banyak terdapat pada kotoran kucing. Oleh itu sebaiknya ibu hamil menjauhi untuk bermain-main dengan kucing.
  2. Pada masa sekarang ini banyak sekali lautan yang sudah tercemar oleh logam berat merkuri. Oleh karena itu sangat disarankan bagi ibu hamil untuk menghindari memakan ikan-ikan yang berukuran besar seperti ikan tuna, hiu dan siakap. Seperti disarankan oleh lembaga kesihatan di Amerika (FDA), sangat disarankan untuk memakan ikan-ikan besar seperti yang diatas hanya sebanyak maksimal 12 ons per minggu.
  3. Ibu hamil juga harus mengelak dari  minum kopi karena kopi mengandung kafein. Karena zat kafein dapat menyebabkan meningkatkan detak jantung pada janin, berat badan rendah pada bayi, dan mengurangkan kemampuan untuk menyerap zat besi dan menyebabkan keguguran.
  4. Seorang ibu hamil sangat dilarang untuk memakan daging ayam mentah dan telur yang separuh masak . Hal ini disebabkan daging ayam mentah dan juga telur separuh masak terdapat bakteri salmonella yang dapat menyebabkan penyakit cirit birit pada ibu hamil. Perlu juga untuk memperhatikan pinggan serta peralatan masak yang sudah terdedah oleh daging ayam mentah atau telur separuh masak, agar dapat dicuci dengan sabun sampai steril.
  5. Minuman yang mengandung alkohol, sebaiknya dihindari oleh ibu hamil karena dapat mengakibatkan bayi lahir dengan cacat. Paul D.Connor dari Universitas Washington, AS, tahun 2005 berkata ibuhamil yang biasa minum alkohol sejak trimester pertama. Bila bayi lahir, di usia 8 bulan, 18 bulan, 3 tahun, 6 tahun dan 10 tahun, kecerdasannya diukur. Kemampuan kognitif mereka lebih rendah dibanding anak-anak se-usia-nya. Jennifer A.Willdrof dari Pittsburgh School of Medicine, AS, tahun 2006 membuktikan anak-anak yang lahir dari ibu yang biasa minum alkohol, tingkat kecerdasannya 2-7 poin lebih rendah dibanding anak-anak sebayanya. Tahun 1986 seorang dokter asal Peranis, P.Lemoine menemukan hubungan kelainan yang diderita 127 balita selama hamil, disebut Fetal Alkohol Syndrome (FAS).
  6. Terdapat beberapa produk keju yang merupakan makanan yang dilarang untuk ibu hamil karena mengandung bakteri Listeria seperti, keju lunak (brie dan camembert), blueveined cheese, keju dari susu kambing (dan domba), dan susu yang tidak di pasteur secara baik. Bakteri Listeria adalah suatu jenis bakteri yang dapat menembus plasenta dan menginfeksi janin. Bakteri Listeria dapat menyebabkan keracunan dalam darah, kelahiran yang premature dan keguguran pada janin. Sebaiknya ibu hamil dapat menghindari makanan ini sampai janin lahir dengan selamat.
  7. Ibu yang sedang mengandung dilarang keras untuk merokok, karena rokok mengandung racun nicotine yang dapat menyebabkan bayi lahir dengan berat badan yang rendah (kurang). Selain itu, nicotine beserta zat berbahaya lain yang terdapat pada rokok dapat menyebabkan terjadinya mutasi gen pada janin. Hal ini dapat berakibat pada bayi yang dilahirkan menjadi cacat.

1 comment:

  1. tq...entry yang sangat best dan informatif :)

    tapi bnyak yang saya pun suka makan...mmg kena pantang masa mengandung dulu... :)

    ReplyDelete